Talent Hub and Strategic Partnership

Memusatkan Energi Ribuan Pemuda Indonesia Membangun Negeri!

About Us

  Sesuai dengan namanya, departemen ini memfokuskan kegiatannya untuk memfasilitasi hubungan antara alumni penerima beasiswa LPDP yang tergabung dalam organisasi Mata Garuda dengan pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders) seperti kementerian, pemerintah daerah, institusi pendidikan, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), swasta nasional, wiraswasta nasional, lembaga kajian strategis, Usaha Kecil Menengah (UKM), dan institusi lainnya.

Hubungan yang dimaksud di atas adalah hubungan kerjasama strategis yang saling memberikan manfaat, seperti networking melalui berbagai acara pendukung, kerjasama kajian antarlembaga, maupun peluang untuk mengisi posisi-posisi strategis di instansi nasional. Kami ingin agar kerjasama tersebut dapat membantu percepatan pembangunan Indonesia sesuai dengan arah kebijakan yang telah ditetapkan.

Lalu apa yang membedakan Mata Garuda dengan institusi kajian atau lembaga head hunter lainnya? Satu kata yang cocok untuk mendeskripsikan kami adalah "Think Global Act Local". Berbagai multi-disiplin ilmu yang ditunjang dengan kemampuan bekerja secara profesional, pengalaman internasional, integritas tinggi, rasa nasionalisme, dan keinginan untuk mengaplikasikan ilmu untuk kemajuan bangsa menjadikan kami sebuah wadah talent pool yang strategis. Kami berharap dalam 5 - 10 tahun ke depan, departemen talent hub and strategic partnership Mata Garuda dapat memberikan kontribusi nyata bagi Indonesia, yaitu menjadi mitra strategis yang handal dalam menghubungkan sumber daya manusia terbaik dan terpercaya bagi pemerintah, industri, dan institusi pendidikan sehingga mampu mewujudkan akselarasi pembangunan negeri melalui integrasi ketiganya (triple helix coordination).

Sesuai dengan definisi di atas dan untuk mendukung visi misi organisasi Mata Garuda, maka hubungan antarlembaga yang dimaksud adalah hubungan yang saling memberikan manfaat dan secara umum aktivitasnya dapat dibagi menjadi tiga kategori utama, yaitu: 

1. Talent Hub

     Aktivitas ini ditujukan untuk memfasilitasi hubungan antara organisasi Mata Garuda dan stakeholders dalam hal peluang kesempatan kerja pada berbagai posisi strategis di instansi yang bersangkutan serta mengumpulkan informasi bidang spesialisasi para anggota organisasi.

2. Talent Development

     Tujuan utama dari aktivitas ini adalah untuk menjadi sarana pengembangan soft skill anggota organisasi sebagai persiapan memasuki jenjang karir yang lebih tinggi melalui program training.

3. Strategic Partnership

   Aktivitas ini dimaksudkan untuk mencari mitra kerja potensial untuk keperluan kerjasama antarlembaga serta membuat acara pendukung yang mendorong terjalinnya networking antara Mata Garuda dengan stakeholders.

Anggota kami:

  • Handika Prasetya Dwiyasni (Ketua), University of Twente
  • Alan Sebastian Chandra, University of Birmingham
  • Amalia Ghaisani Komarudin, University of Birmingham
  • Diniafini Saputri Siregar, University of Birmingham
  • Fanny, University of Birmingham
  • Hafizh Sufnir, University of Birmingham
  • Heni Herawati, University of Birmingham
  • Mouhamad Bigwanto, Mahidol University
  • Vidya Spay Putri A., KU Leuven